Articles

Find Our Latest News

Bahaya Kurang Tidur

Bahaya-Kurang-Tidur.jpg

Gaya hidup kekinian yang dianggap umum namun membahayakan adalah kurangnya jam tidur. Kebiasaan ini tidak dapat disalahkan juga karena banyak aspek yang menjadi penyebab, salah satunya yaitu semakin macetnya jalanan yang menyebabkan orang makin larut malam tiba di rumah.

Nah, Boulevard Health kali ini akan membahas bahayanya kurang tidur agar Blovers dapat lebih waspada dan bisa mengusahakan jam tidur yang cukup sehari-hari demi kesehatan fisik dan mental. Jam tidur yang ideal setiap harinya adalah 7-9 jam. Tidur yang cukup akan memberi banyak manfaat, di antaranya memperkuat sistem kekebalan tubuh, proses perbaikan jaringan tubuh yang rusak, menjaga jantung dan pembuluh darah dalam keadaan prima, melawan peradangan, membantu daya ingat dan mood/suasana hati. Sebaliknya, kurang tidur dapat mengganggu mood dan menurunkan motivasi Blovers karena terlalu lelah sehingga tidak dapat bekerja secara efisien, malas berolahraga atau makan sehat. Jika terakumulasi, maka kurang tidur juga meningkatkan resiko masalah kesehatan kronis seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga kesehatan mental seperti depresi.

Tak berhenti sampai disitu saja, kurangnya jam tidur juga akan menurunkan daya tahan Blovers yang menyebabkan tubuh rentan terkena virus. Blovers tahu sendiri kan, betapa banyaknya virus yang beredar sekarang ini dan dengan macam yang aneh-aneh akibat cuaca ekstrem. Jadi jangan anggap remeh kurangnya jam tidur Blovers sehari-hari!

Bagaimana cara mendapatkan quality sleep? Hindari mengkonsumsi kafein, alkohol, dan hanya makan berat dalam waktu 3 jam sebelum tidur. Berolahraga 5- 6 jam sebelum jam tidur dan mandi air hangat sekitar 1,5 jam sebelum tidur juga dapat membantu. Dan satu hal yang penting jauhkan HP serta matikan TV, karena dapat merangsang otak kita aktif dan meminimalisir rasa kantuk padahal momen sebelum tidur, tubuh haruslah rileks dan tenang.

Share This Post