MEDIA

Explore Your Favorite Momment

Eloknya Warisan Budaya Indonesia

29 Sep 2018

Kain tradisional atau yang kini biasa disebut dengan istilah wastra merupakan salah satu bagian penting dalam budaya di Indonesia. Wastra merupakan sebuah istilah yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti kain, yang dibuat dengan cara apapun, termasuk rajutan dan kulit kayu, serta tidak harus dikembangkan secara tradisional.

Wastra Nusantara sangat beragam di antaranya yaitu batik, ulos, songket, poleng, dan berbagai kain lainnya. Kini minat tinggi masyarakat untuk kembali mengenakan kain tradisional meningkat luar biasa, untuk itu kembali Summarecon Mal Kelapa Gading mempersembahkan acara `Pesona Batik Wastra Nusantara` untuk ke-3 kalinya pada 26 September - 7 Oktober 2018 dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional.

Pasca penetapan batik sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh UNESCO, kemudian merambat pada pengenalan dan terbukanya wawasan masyarakat atas keberadaan wastra Nusantara lainnya. MKG ingin mengajak pengunjung untuk lebih mencintai kain Nusantara, serta juga mengedukasi mengenai wastra Nusantara melalui acara Bazaar Gallery Batik yang didukung oleh Adi Wastra Nusantara, dengan beragam batik Padi dari Jakarta, Pesona Batik Madura dari Madura, Canting Wira SRBY dari Surabaya, RPG Batik Sutera Garut dari Garut, Batik Cahyo dari Pekalongan, Batik Tatik Sriharta dari Solo, Galeri Batik Jawa dari Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Hadir juga Exhibition ‘Selendang Indonesia’ dan Batik Fashion Parade by Indonesia Designers di antaranya yaitu Purana Indonesia (29 September), Mahadevi (30 September), dan Handy Hartono (7 Oktober). Bagi pengunjung setia MKG, hadir pula Craft & Ideas Workshops yang terdiri dari Rumah Sanur dari Bali, Wastra Loka dari Jogja, dan Heart Lab dari Bali.

Jangan ketinggalan juga menyaksikan penampilan artis Indonesia seperti Andien (29 September) dan Angel Pieters (6 Oktober). Pengunjung akan semakin dimanjakan dengan adanya Shoppers Program, antara lain program Shopping Rewards dengan pembelian minimum hanya Rp 750.000,- (berlaku penggabungan struk tapi tidak berlaku kelipatan) akan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 50.000,-

Penasaran dengan wastra Nusantara?! Ayo segera kunjungi event Pesona Batik Wastra Nusatara, Blovers!