Fashion, Food, and Entertainment Center

Opening Hours Mal : 10.00 - 22.00 WIB

Hal-hal Penting Ketika Mudik Lebaran

Sudah menjadi tradisi di Indonesia dan beberapa negara lainnya jika Hari Raya Idul Fitri menjadi sebuah ajang silaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal dan bermata pencaharian di kota besar seperti Jakarta dan meninggalkan kampung halaman yang nun jauh di sana.

Itulah sebabnya dikenal kata mudik yang berarti pulang ke kampung halaman untuk kembali berkumpul bersama keluarga di Hari Nan Fitri nanti. Tentunya kebahagiaan mudik ini tetap harus memperhatikan beberapa hal yang penting agar terasa semakin nyaman dan aman. Berikut beberapa tips buat Anda yang berencana mudik libur Lebaran kali ini:

  1. Rencanakan jauh-jauh kepulangan Anda ke kampung halaman dan lakukan survey dan pembelian tiket jika bepergian menggunaka moda transportasi umum seperti tiket pesawat, kereta api maupun bus kota.
  2. Jika berencana mudik menggunakan mobil ataupun motor, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dengan melakukan pengecekan seminggu sebelum hari H sehingga tidak menghambat perjalanan Anda.
  3. Jaga kesehatan diri penting untuk dilakukan terutama jika Anda akan menempuh perjalanan panjang yang melelahkan.
  4. Jangan lupa mengunci rumah dan menyimpan barang-barang berharga di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau. Jika memungkinkan ‘titipkan’ rumah kepada satpam atau security setempat maupun tetangga yang Anda kenal dekat dan tidak pulang kampung.
  5. Pastikan keamanan rumah dengan mematikan listrik ataupun kompor dan gas sebelum meninggalkan rumah.
  6. Jangan meninggalkan hewan peliharaan di rumah saat Anda mudik. Titipkan kepada tetangga atau saudara yang tidak mudik atau ke tempat penitipan hewan.
  7. Penting untuk membawa makanan dan minuman untuk bekal sepanjang perjalanan di kala macet.
  8. Untuk perjalanan darat yang panjang, jika Anda membawa kendaraan sendiri, beristirahatlah jika sudah merasa lelah dan jangan memaksakan diri. Kondisi tubuh yang tidak fit dan ngantuk dapat membahayakan perjalanan Anda.
  9. Penampilan yang mencolok akan lebih mengundang perhatian orang dengan niat jahat, untuk itu hindari menggunakan perhiasan yang berlebihan dan selalu waspada terhadap barang bawaan jika mudik dengan angkutan umum.
  10. Nikmati perjalanan mudik Anda ! Walaupun harus mengarungi lalu lintas yang macet dan seperti tiada berakhir, ingatlah kampung halaman dan keluarga menanti Anda dan perjalanan Anda akan terbayarkan!

Selamat mudik !


Sumber foto :
https://blog.tokopedia.com/2013/08/catatan-penting-terkait-libur-lebaran/
https://atisulastri.wordpress.com/2011/08/25/its-time-for-mudik/