Fashion, Food, and Entertainment Center

Opening Hours Mal : 10.00 - 22.00 WIB

Jenis Bawang dan Manfaatnya


Begitu mendengar urusan makan bawang, pasti yang pertama kali terpikir adalah bau mulut yang diakibatkannya. Jangan salah Blovers! Selain menjadi bumbu penting dalam masakan, bawang itu memiliki manfaat kesehatan loh. Berikut 5 jenis bawang serta 5 manfaat kesehatannya.

BAWANG PUTIH
Khasiatnya akan lebih optimal jika Blovers mengkonsumsinya secara mentah dan fresh. Dibandingkan bawang lainnya, kandungan gizi bawang putih sangatlah tinggi. Beberapa manfaatnya di antara lain membantu menambah napsu makan, mencegah dan mengobati flu, penawar racun, mengobati gangguan pencernaan, dan menghambat kemerosotan otak.

BAWANG MERAH
Manfaat bawang ini yang paling terkenal adalah kemampuannya memerangi kanker. Selain itu, bawang merah bermanfaat sebagai sumber antioksidan ampuh untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, membantu mengatasi depresi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

BAWANG BOMBAY
Bawang yang sebenarnya berasal dari kawasan Asia Tengah ini disebut bawang bombay karena terkenal sering dibawa pedagang India dari kota Bombay. Manfaatnya yaitu mencegah diabetes, menjaga kesehatan gigi dan mulut, mengobati alergi, mencegah osteoporosis, serta digunakan sebagai obat tradisional untuk asma di Cina.

DAUN BAWANG
Bentuknya menyerupai batang, tetapi teksturnya sangat lunak. Manfaatnya untuk kesehatan yakni menjaga kekuatan tulang, anti bakteri serta anti peradangan, mengatasi sembelit, menyehatkan jantung, mencegah anemia.

KUCAI
Memiliki daun yang panjang dan pipih, kucai memang kurang familiar, tetapi biasa dijadikan pelengkap maupun penyedap masakan. Sama seperti bawang lainnya, kucai juga memiliki manfaat kesehatan, diantaranya mengatasi masalah kulit, menurunkan berat badan, mengobati hipertensi, mencegah kerusakan rambut, maupun pengobatan sakit syaraf.