Fashion, Food, and Entertainment Center

Opening Hours Mal : 10.00 - 22.00 WIB

Pesona Batik

Kain batik sebagai salah satu warisan budaya bangsa Indonesia kini semakin memiliki pangsa pasar tersendiri di tengahtengah masyarakat modern. Mengenai asal mula batik, hingga kini masih simpang siur apakah berawal dari India atau China, tetapi yang jelas kedua budaya tersebut sedikit banyak mempengaruhi mulai dari motif hingga warna yang ada pada kain batik.

Tahukah Blovers, bahwa sesungguhnya kain batik tersebar di beberapa provinsi Indonesia. Nah apa sajakah jenis-jenis batik tersebut, berikut beberapa di antaranya:

BATIK BALI Di Pulau Dewata ini juga bisa ditemui kain batik dengan warna-warna, motif, ataupun corak yang lebih berani. Jenis batik Bali juga dipengaruhi oleh batik dari Jawa, seperti Pekalongan.

BATIK BANYUMAS Memiliki motif yang sebagian besar menyerupai tanaman baik itu bunga, daun, dan sejenisnya. Walaupun ada beberapa pembuat batik di Banyumas yang membuat batik dengan motif berbeda, batik Banyumas hampir memiliki kesamaan dengan motif Jonasan atau motif non-geometrik yang didominasi warna dasar kecokelatan dan hitam.

BATIK MADURA Memiliki keunikan tersendiri, yaitu cenderung banyak bermain pada pola sederhana, namun ini dibentuk serapih mungkin hingga menghasilkan motif menarik.

BATIK MALANG Terkenal dengan warnanya yang cenderung cerah, misalnya warna hijau kemudian ditimpa dengan warna putih, atau bahan berwarna putih ditimpa dengan merah. Rata- rata batik Malang memiliki pola bunga dan tanaman.

BATIK ACEH Memiliki corak yang cenderung lebih besar dari pola batik lainnya. Motifnya menggunakan teknik cap dan tulis.

BATIK BANTEN Memiliki beberapa jenis motif antara lain datulaya, mandalikan, pasulaman, dan banyak lagi. Batik ini memiliki warna yang meriah.

Nah itu tadi beberapa jenis batik yang ada di Indonesia, Blovers. Sejak tanggal 2 Oktober 2009, Batik resmi dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia. Sejak itulah bangsa Indonesia memperingati Hari Batik setiap 2 Oktober, dimana hampir seluruh masyarakat mulai dari anak sekolah hingga para orang tua mengenakan Batik untuk beraktivitas pada hari tersebut. Sudah sepatutnya Indonesia terutama rakyatnya berbangga dengan kain asli Indonesianya, apalagi kini batik telah menjadi salah satu tren fashion yang sangat berkembang hingga ke mancanegara. Jangan lewatkan 'Pesona Batik Wastra Nusantara' di Summarecon Mal Kelapa Gading pada 28 September-2 Oktober 2016.