Fashion, Food, and Entertainment Center

Opening Hours Mal : 10.00 - 22.00 WIB

The Use of Shoes


Seperti yang kita ketahui, olahraga adalah salah satu hal yang kita butuhkan dalam menjalankan pola hidup sehat. Tak hanya aktivitasnya, faktor-faktor pendukungnya juga perlu kita pilih dengan cermat agar manfaat olahraga dapat kita peroleh dengan maksimal. Salah satu cara yaitu memilih sepatu olahraga yang tepat. Kesalahan memilih sepatu olahraga dapat berakibat kaki lecet, sakit pada bagian betis, sakit lutut, sakit pinggul, bahkan nyeri punggung. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu olahraga yang tepat:

Jenis Olahraga
Ada sepatu khusus untuk setiap jenis olahraga yang Blovers pilih, jangan sampai misalnya menggunakan sepatu basket untuk olahraga sepakbola, karena permukaan tanah tempat berpijak memerlukan jenis sepatu yang berbeda. Ada beberapa kategori sepatu olahraga, diantaranya sepatu untuk berjalan, lari, olahraga lapangan, outdoor, dan lain sebagainya.

Ukuran Kaki
Menggunakan sepatu dengan ukuran yang tidak sesuai dengan Blovers, kekecilan atau kebesaran, dapat berakibat cedera. Baiknya mencoba dan membeli sepatu pada waktu sore hari menjelang malam karena saat itu ukuran kaki kita mengalami pembesaran maksimal, sehingga Blovers bisa memilih ukuran yang tepat dan nyaman pada saat mencoba sepatu olahraga. Jangan lupa juga mencoba sepatu olahraga mengenakan kaos kaki. Jangan terlalu pas, beri ruang sekitar 1 cm antara sepatu dan jari.

Tipe Kaki
Blovers perlu mengetahui tipe kaki yang dimiliki. Ada tiga jenis kaki manusia, yaitu normal, over pronation, supination. Kaki normal disarankan memilih sepatu olahraga yang memiliki sol cukup tebal di bagian tumit kaki agar beban telapak kaki menjadi seimbang. Tipe over pronation biasanya memiliki telapak kaki cenderung rata, untuk itu memerlukan sepatu olahraga yang cenderung lebih lentur dari biasanya. Sedangkan supination, tipe kaki yang agak bengkok, membutuhkan sepatu olahraga dengan bantalan empuk pada bagian tengah.

Sirkulasi Udara
Untuk mencegah timbulnya bau kaki, Blovers perlu memilih sepatu olahraga dengan sirkulasi udara baik yang berguna mengatur pengeluaran cairan dari kaki. Ciri-ciri sepatu tersebut adalah tidak ketat, terasa empuk saat dipakai, dan memiliki bahan yang lembut serta nyaman.

Saat Penggantian
Hindari menggunakan sepatu olahraga melebihi masa pakainya. Sepatu olahraga aerobik memiliki masa guna 300 jam dan sepatu lari mengalami penurunan kualitas setelah digunakan sekitar 400-800 km. Jika sol sepatu sudah menipis, pecah di bagian tengah sol, ujung atau belakang sepatu sudah robek, maka itu juga pertanda waktunya mengganti sepatu olahraga Blovers.